Informasi Mengenai Batu Ginjal

penyakit batu ginjalBatu ginjal atau lebih dikenal dengan nama kencing batu merupakan penyakit karena kalsium dan asam urat yang mengendap atau bertumpuk pada ginjal atau saluran urin sehingga membuat seseorang sulit bahkan sangat sakit ketika buang air kecil. Rasa sakit saat buang air kecil, sering buang air kecil, warna urin menjadi keruh dan berbau, serta nyeri pada bagian perut, punggung, pinggang, selangkangan secara konstan atau datang & pergi menjadi gejala daripada batu ginjal. Oleh karenanya, jika mengalami kondisi ini segera konsultasikan ke dokter. Ketika dokter mendiagnosa Anda terserang penyakit batu ginjal, cepat menerima tindakan akan semakin besar potensi sembuh. Baca informasi detail mengenai batu ginjal di bawah.

Bagaimana batu ginjal bisa terbentuk?

Batu ginjal tidak terbentuk dengan sendiri. Ada berbagai faktor penyebab batu ginjal bisa dialami di antaranya:

  • Sering mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium. Kalsium yang terdapat pada keju, yoghurt, susu, sayuran, kacang kedelai, ikan salmon, buah kering, hati sapi, dll memang diperlukan tubuh untuk mencegah osteoporosis, sindrom pramenstruasi, rakhitis, dan lainnya. Namun, bukan berarti lantas memenuhi asupan kalsium berlebihan. Batas aman mengkonsumsi kalsium adalah 3000 mg untuk anak-anak usia 9 sampai 18 tahu, 2500 mg untuk dewasa usia 19 sampai 50 tahun, dan 2000 mg untuk dewasa usia usia 51 tahun ke atas. Jika kelebihan kalsium, penyakit batu ginjal bisa menyerang.
  • Sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung purin tinggi. Apakah selama ini Anda terlalu sering mengkonsumsi jeroan, daging kambing, kerang, tape, keripik belinjo dan minum bir? Jika ya, hal yang wajar jika Anda mengalami batu ginjal karena makanan atau minuman tersebut mengandung purin tinggi sehingga meningkatkan kadar asam urat.

Di samping itu, batu ginjal juga bisa dipicu lantaran sering menahan untuk buang air kecil dan kurangnya asupan air putih (idealnya setiap orang harus minum 8 gelas setiap harinya).

Siapa saja yang berpotensi terserang batu ginjal?

Berikut kriteria orang yang berpotensi terserang batu ginjal:

  • Riwayat kesehatan keluarga. Seseorang yang berasal daru keturunan pengidap batu ginjal juga berpotensi mengalami batu ginjal.
  • Berapa berat badan Anda saat ini? Jika dirasa tidak wajar atau berlebihan, segera cari cara untuk menurunkannya karena obesitas bakal meningkatkan potensi terserang batu ginjal.
  • Jenis kelamin. Bagi para pria, sebaiknya perbanyak minum air putih karena dikutip dari salah satu situs terpercaya, pria memiliki potensi terserang batu ginjal yang lebih besar dibandingkan pria. Hal ini lantaran pengaruh hormon, fisik, serta intensitas aktivitas.

Apa yang bisa dilakukan untuk menangani batu ginjal?

Untuk menangani batu ginjal bisa melakukan cara-cara berikut:

  • Bedah terbuka. Jika memang batu ginjal sudah terlampu besar, bedah terbuka untuk mengangkat batu ginjal bisa dilakukan. Biaya yang harus dikeluarkan sekitar 7 sampai 25 jutaan.
  • ESWL atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy merupakan tindakan medis untuk mencegah batu ginjal dengan cara memberikan gelombang kejut pada lokasi bersarang batu ginjal dari luar tubuh. Biaya untuk lakukan ESWL ini terbilang mahal, Anda harus mengeluarkan kocek antara 3 sampai 7 jutaan.
  • Bahan alami. Jika masih fase awal, pengobatan batu ginjal bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami. Seperti halnya, kumis kucing, daun tempuyang, daun seledri, daun alpukat, dan lain sebagainya. Salah satu bahan bisa direbus kemudian diminum secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *